Saturday 10 December 2016

Fakta yang jarang diketahui tentang Anonymous

7 Fakta Tentang Anonymous yang Jarang Diketahui

Selasa 29 Maret 2016, 16:13 WIB
Ilustrasi Anonymous
INDDIT.com - Bagi sebagian orang, kata "Anonymous" mungkin identik dengan kelompok 'pembuat ulah' di dunia maya. Ada juga yang menganggap Anonymous adalah istilah untuk seseorang yang menyembunyikan identitas-nya.
Dua-duanya tidak sepenuhnya salah karena Anon atau Anonymous yang akan kita bahas ini memang banyak diberitakan dan dianggap sebagai jaringan internasional terkait aktivis dan entitas hacktivist yang merugikan, dan mereka menyembunyikan identitasnya.
Anonymous dalam arti jamak adalah kerumunan orang, tepatnya kerumunan samar-samar yang bekerja sama dan melakukan berbagai hal untuk berbagai keperluan dan kepentingan tanpa ingin—dan memang tidak ingin—diketahui atau dikenal.
Jika Anda penasaran tentang Anonymous, Atau anda baru-baru ini menganggap diri anda Adalah Anon, Berikut 7 fakta lainnya tentang kelompok Anonymous yang jarang diketahui dan mungkin harus Anda ketahui.

1.Istilah Anonymous

Nama Anonymous sendiri terinspirasi oleh anonimitas seseorang—yang merahasiakan identitasnya—ketika berselancar di dunia maya.
Tetapi penggunaan istilah Anonymous dalam arti sebuah identitas bersama bisa dikatakan bermula pada tahun 2003, di sebuah forum bernama '4chan', forum yang didedikasikan untuk konten 'acak'.
Konsep entitas Anonymous meluas pada tahun 2004 ketika administrator 4chan mengubah semua pengguna menjadi Anonymous. Gagasan Anonymous sebagai kolektif individu yang tidak disebutkan namanya kemudian menjadi sebuah sub-kultur di Internet.
Dengan keinginan untuk melampiaskan 'ide' menjadi kenyataan, beberapa orang kemudian bergabung melakukan serangkaian aksi 'jahil', dan terutama terfokus pada hiburan, atau "lulz". Inilah orang-orang yang umumnya disebut sebagai Anonymous hari ini.
Anonymous bagaimanapun berkembang. Sebagian ada yang berusaha untuk menghancurkan penindasan, kekuasaan korporasi, dan pemerintahan otoriter baik online dan ofline; Sebagian ada yang tetap bersenang-senang dengan kejahilan.
Usaha-usaha mereka yang cukup mendapat dukungan adalah—termasuk diantaranya—bebas sensor, penindasan ekonomi, ras, dan sosial di dunia maya.
Kelompok ini bahkan pernah menutup 40 situs pornografi Anak pada tahun 2011, dengan tidak lupa memposting detail 1589 user yang sering wara-wiri di situs itu.
Dengan cara mereka sendiri, Anonymous pada akhir tahun lalu telah bergerak untuk memberangus ISIS. Kelompok ini juga dikenal loyal mendukung situs WikiLeaks yang sering membuka hal-hal ajaib seputar politik dan kebijakan pemerintah.

2. Anonymous Tidak Punya Pemimpin

Simbol Anonymous
Simbol kelompok Anonymous adalah manusia tanpa kepala. Tidak ada ketua berarti tidak ada kode etik yang sah atau infrastruktur yang jelas.
Orang dari latar belakang dan filosofis yang berbeda datang dan pergi sesuka mereka, dalam beberapa kasus mungkin hanya berpartisipasi untuk penyebab tunggal sebuah masalah dan kemudian menghilang.
Barret Brown, seorang jurnalis dan 'mantan anggota', menggambarkan Anonymous sebagai rangkaian hubungan pengaruh dan memengaruhi.
Mereka yang secara konsisten dapat menggalang orang lain untuk tujuan dan ide-nya adalah orang-orang yang paling berkuasa, seperti orang-orang yang telah membuktikan dirinya melalui hacking.
Struktur perintah Anonymous juga yang sangat longgar mereka lebih banyak ter-desentralisasi dan beroperasi pada ide-ide yang semakin gemuk daripada satu arahan tunggal yang jelas. Perbedaan pendapat kemudian merupakan fitur biasa dari kelompok ini.
Karena kelompok Anonymous tidak memiliki pimpinan, cukup sulit untuk mengaitkan satu tindakan kelompok yang mengaku Anonymous dengan keanggotaan secara keseluruhan.

3. Siapapun Bisa Bergabung

Jika Anda berpikir untuk bergabung dengan Anonymous, Anda bisa melakukannya. Cara untuk menjadi anggota Anonymous sangat mudah.
Yang harus Anda lakukan adalah cukup menyatakan diri sebagai Anonymous. Bagian yang justru sulit justru adalah tidak diketahui—kebodohan fatal jika seorang mengaku Anonymous tapi dikenali.
Jika Anda ingin bergabung dalam kelompok Anonymous yang lebih besar, tidak akan ada penjaga yang menanyakan kartu keanggotaan. Tetapi Anda harus melakukan privasi maksimal dan membangun hubungan untuk mendapatkan kepercayaan mereka.
Meskipun Anonymous memang memiliki anggota yang baik dan altruistik, jangan lupa bahwa mereka menerima siapa pun. Beberapa orang nyatanya bersedia untuk menggunakan orang lain sebagai 'santapan', sementara bisa saja ada yang menjadi informan polisi.
Tidak ilegal untuk mengklaim afiliasi dengan Anonymous, juga tidak ilegal untuk berhubungan dengan anggota Anon. Tetapi jika Anda menjadi naif saat bergabung dan menyatakan diri bagian kelompok Anonymous, Anda akan berakhir di penjara.

4. Topeng Guy Fawkes

Topeng Guy Fawkes
Guy Fawkes dianggap seorang 'teroris' Katolik Roma abad ke-17. Di tahun 1605 Fawkes adalah bagian dari kelompok yang diplot untuk membunuh Raja James I, Tapi misi ini gagal. Fawkes dengan komplotannya kemudian ditangkap.
Pada 1980-an novelis grafis Alan Moore dan David Lloyd menciptakan komik strip, "V for Vendetta", Tokoh protagonisnya diceritakan berjuang melawan sebuah negara otoriter fasis; Ia berjubah dan memakai topeng yang menyeringai.
Para penulis novel itu sepertinya ingin mengangkat tokokh Fawkes dengan mengubahnya menjadi anti-hero untuk zaman modern.
Novel 'V for Vendetta' kemudian dibuat menjadi film pada tahun 2006, topengnya dibagikan kepada penggemar untuk memperingati rilis film; dan bisa dibeli secara online.
Dua tahun kemudian, pada Januari 2008, Anonymous meluncurkan "Project Chanology". Ini adalah saat Anonymous berubah dari sekelompok 'troll internet' menjadi aktivis politik.
Mereka membanjiri markas Scientology dengan beberapa spanduk dalam protes fisik. Untuk menutupi identitas diri, mereka memakai topeng Guy Fawkes.
Selain untuk menutupi wajah, konon mereka juga terinspirasi oleh adegan terakhir film 'V for Vendetta', di mana kerumunan Guy Fawkeses menonton Gedung Parlemen meledak.

5. Punya Keterampilan Hacking, Tapi Tidak Semua

Anonymous Hacker
Hanya sebagian kecil yang mengaku Anonymous adalah hacker elit dengan keterampilan yang mencengangkan. Mereka bisa mengeksploitasi kelemahan keamanan dalam sebuah sistem, hampir semua sistem.
Tapi apa yang banyak Anon pemula tidak sadar adalah bahwa serangan terhadap sebuah sistem dapat dilacak. Banyak dari mereka juga tidak tahu apa yang mereka lakukan adalah ilegal atau bisa dituntut.
Sejumlah hacker paling terampil dari kelompok Anonymous kemudian membentuk tim eksklusif. Mereka menyebut diri mereka Lulz Security (LulzSec). Pemimpin mereka "Sabu,"dianggap sebagai dewa hacker di lingkaran Anonymous.
Kelompok hacker lainnya yang juga cukup punya nama diantaranya TeaMp0isoN, Tim Web Ninja dan masih banyak lagi.
Pada tahun 2012, Majalah Times bahkan menyebut Anonymous sebagai salah satu dari 100 'orang' yang paling berpengaruh di dunia.

6. Penghianatan

Hector Monsegur
LulzSec menyatakan bosan dengan 'aktivisme ideal', mereka ingin kembali ke akar Anonymous dan 4chan—menyebabkan kekacauan tanpa alasan lain selain untuk mengganggu orang dan tertawa setelahnya.
Tapi mengganggu dengan risiko rendah tidak lagi disenangi Sabu dan krunya, mereka mulai mengutak-atik situs-situs Senat AS, FBI, dan CIA.
Hector Monsegur (sabu) kemudian ditangkap FBI diam-diam pada 7 Juni 2011. Hector kabarnya melakukan apa saja untuk tetap berada di luar penjara. Dia dengan cepat setuju untuk menjadi informan FBI dan membantu menangkap teman-temannya di LulzSec.
Saat berita ini mulai terbongkar—bahwa pemimpin LulzSec adalah informan FBI—Anonymous sempat terguncang hingga ke inti. Tidak ada lagi yang dapat dipercaya ketika mengaku Anonymous. Kelompok ini benar-benar diam, dan menjadi berantakan. beberapa hacker elit memilih untuk pensiun atau pergi ke penjara.

7. Penangkapan dan Persidangan

Sejak 2009, puluhan orang telah ditangkap karena terlibat dalam serangan cyber Anonymous, di negara-negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, Australia, Belanda, Spanyol, dan Turki.
Namun Orang pertama yang dikirim ke penjara untuk berpartisipasi dalam serangan Anonymous DDoS adalah Dmitriy Guzner, seorang Amerika yang berumur sembilan belas tahun.
Dia mengaku bersalah atas "kerusakan yang tidak sah dari komputer yang dilindungi". Pada bulan November 2009 ia dijatuhi hukuman 366 hari di penjara federal AS.
Pada tanggal 13 Juni, 2011 pejabat di Turki menangkap 32 orang yang diduga terlibat dalam serangan DDoS pada situs pemerintah Turki.
Kasus yang cukup menghebohkan dalam kelompok Anonymous adalah tertangkapnya Brian Thomas Mettenbrink yang masih berusia 18. Ia harus berhadapan dengan tuntutan setahun penjara dan harus membayar $ 20.000 sebagai kompensasinya.
Chris Doyon (alias "Komandan X"), salah seorang yang cukup berpengaruh dalam kelompok Anonymous, ditangkap pada September 2011 untuk sejumlah serangan cyber di California.
Pada September 2012, wartawan dan 'anggota' Anonymous, Barrett Brown didakwa dengan 17 pelanggaran, termasuk mempublikasikan sejumlah informasi pribadi dalam kasus Stratfor.
Para militan Anonymous menyebut orang-orang yang telah ditangkap itu sebagai "pejuang kemerdekaan" dan "Robin Hood" versi digital. Sementara pejabat pemerintah telah menggambarkan mereka sebagai "cyber lynch-mob" atau "teroris dunia maya".

0 comments:

Post a Comment